RENCANA
KERJA JANGKA MENENGAH
(RKJM)
SD
NEGERI I RINGIN
TAHUN
2012/2013 s/d 2015/2016
A.
ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional merupakan pencerahan dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Berbagai paradigma baru menyangkut guru, proses pembelajaran dan elemen-elemen
penting dalam pendidikan dimuat dalam undang-undang tersebut. Dalam Pasal 3
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 itu dijelaskan bahwa Pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung
jawab.
SD Negeri I Ringin, Kecamatan Pamotan, Kabupaten
Rembang terletak di Desa Ringin bagian
timur ± 17 km sebelah timur Kabupaten Rembang yang didirikan pada tahun 1949 di
atas tanah seluas ± 3244 m2 dengan jumlah 7 ruang kelas, 1 ruang
kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang UKS, 1 ruang sholat, 1 ruang komputer dan
1 ruang perpustakaan. Kondisi geografis yang demikian merupakan “tantangan”
bagi warga sekolah untuk mengantisipasi berbagai pengaruh negatif yang datang
dari luar sekolah. Pengaruh-pengaruh negatif ini sangat rentan mengingat Kecamatan
Pamotan Kabupaten Rembang merupakan perlintasan lalu lintas darat jalur
Pantura
Warga masyarakat, termasuk orang tua siswa mayoritas
berprofesi sebagai Petani dan dari segi keadaan ekonomi masyarakat, warga
masyarakat Karangmangu jika dikategorikan termasuk kelas menengah ke bawah. SD
Negeri I Ringin bukan merupakan satu-satunya Sekolah Dasar Negeri di desa
Karangmangu. hal ini memacu SD Negeri I
Ringin untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu
bersaing. sebagai contoh, pada penerimaan siswa baru Tahun Pelajaran
2012/2013 SD Negeri I Ringin memperoleh cukup banyak siswa baru yaitu 34 siswa.
Dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah,
terhadap penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri I Ringin cukup baik.
Pemerintah pusat melalui dana dekonstrasi Propinsi Jawa Tengah cukup banyak
membantu penyelenggaraan pendidikan. Pada tahun 2008/2009, jenis bantuan yang
telah diterima oleh SD Negeri I Ringin
adalah Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan pembangunan gedung perpustakaan.
Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang pun terus memberikan dukungan positif, yang
ditandai dengan pemberian bantuan kepada sekolah. Sebagai contoh, setiap
tahunnya Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah selalu mengalokasikan dana
bantuan guru honorer bagi guru yang honorer. Begitu juga dengan Pemerintah
Daerah Kabupaten Rembang. Pemerintah
Daerah berkomitmen dengan menjadikan
pendidikan sebagai prioritas utama pembangunan di Kabupaten Rembang dengan
komitmen tersebut, SD Negeri I Ringin diharapkan dapat terus memacu mutu
pendidikan untuk meraih cita-cita.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD
Negeri I Ringin keikutsertaan peran serta masyarakat, perangkat desa, tokoh
agama dan khususnya orang tua wali murid benar-benar diberdayakan dengan ikhlas
membantu pengembangan pembangunan dalam bentuk Kotak Amal Jariyah yang dikelola
langsung oleh Komite Sekolah, sehingga akan terwujud Rencana Kerja Jangka
Menengah yang diharapkan dalam kurun waktu empat tahun mendatang.
B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI, KONDISI
PENDIDIKAN YANG
DIHARAPKAN 4 TAHUN KE DEPAN DAN BESARNYA TANTANGAN
No.
|
Kondisi pendidikan saat ini
|
Kondisi pendidikan
masa datang
|
Besar tantangan nyata
|
1.
|
Standar Kompetensi
Lulusan
|
||
A
|
Bidang
akademik:
|
||
|
- Rata-rata
pencapaian KKM semua mapel 6,50
|
- Rata-rata
pencapaian KKM semua mapel 7,50
|
1,00
|
- Ratarata pencapaian Nilai
UASBN adalah :
Mapel B. Indonesia 7,32
Mapel Matematika dari 6,43
Mapel IPA
dari 7,38
|
- Rata-rata pencapaian Nilai UASBN adalah :
Mapel B.
Indonesia 7,50 Mapel Matematika 7,50
Mapel IPA
7,50
|
0,18
1,57
0,12
|
|
- Rata2 pencapaian NUS
adalah
7,58
|
- Rata2 pencapaian NUS
adalah 8,00
|
0,42
|
|
- Perolehan Jumlah Kejuaraan
tingkat kecamatan 0 jenis
- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kabupaten 0 jenis
|
- Perolehan Jumlah Kejuaraan
tingkat kecamatan 3 jenis
- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kabupaten 1 jenis
|
3
1
|
|
B
|
Bidang non
akademik:
|
||
|
- Perolehan jumlah kejuaraan ting-kat
kecamatan 0 jenis /bidang olahraga
dan Mapsi
-
Perolehan jumlah kejuaraan ting-kat
kabupaten 0 jenis /bidang olahraga
dan Mapsi
|
- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat
kecamatan 3 jenis /bidang olahraga
dan Mapsi
- Perolehan
jumlah kejuaraan
tingkat kabupaten 2 jenis /bidang
olahraga
dan Mapsi
|
3
2
|
C
|
Kelulusan:
|
||
|
- Persentase
kelulusan 100%
|
- Persentase kelulusan 100%
|
0
%
|
D
|
Melanjutkan
studi:
|
||
|
- Jumlah lulusan yang melanjutkan
studi ke jenjang lebih tinggi 100%
|
Jumlah lulusan
yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100%
|
0
%
|
2
|
Standar Isi
|
|
|
A
|
Buku KTSP
(Buku/Dokumen-1):
|
||
|
Tersusun Buku KTSP 1 buah
|
Tersusun Buku KTSP 1 buah
|
0
%
|
B
|
Silabus:
|
||
|
- Tersusun
silabus 7 mapel
|
- Tersusun
silabus 11 mapel
|
4
|
C
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
||
|
- Tersusun RPP : 9 dari semua mapel.
|
- Tersusun RPP: 11 dari
semua mapel
|
2
|
D
|
Pemetaan SK
dan KD
|
||
|
Tersusunnya
pemetaan SK dan KD 7
|
Tersusunnya pemetaan SK dan KD
11
|
4
|
3.
|
Standar Proses
|
||
A
|
Persiapan pembelajaran:
|
||
|
- Kepemilikan
silabus oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan silabus guru mapel Bahasa Inggris 0 buah,
- Kepemilikan silabus guru mapel SBMN 0 buah
|
- Kepemilikan
silabus oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan silabus guru mapel Bahasa Inggris 1 buah,
- Kepemilikan silabus guru mapel SBMN
1 buah
|
0
1
1
|
- Kepemilikan
RPP oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan RPP guru mapel Bahasa Inggris 0 buah,
- Kepemilikan RPP guru mapel SBMN 0 buah
|
- Kepemilikan
RPP oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan RPP guru mapel Bahasa Inggris 1 buah,
- Kepemilikan RPP guru mapel SBMN 1 buah
|
0
1
1
|
|
- Kepemilikan sumber belajar/
bahan ajar (bk. penunjang) 64 %
|
- Kepemilikan sumber belajar/ba-han
ajar (bk.penunjang) 36%
|
36
%
|
|
- Pengembangan perangkat
instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 0 %
|
- Pengembangan perangkat
instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%
|
100%
|
|
B
|
Persyaratan Pembelajaran
|
|
|
|
- Jumlah
siswa per rombel 34 anak
|
- Jumlah
siswa maksimal per rombel 40 anak
|
6
|
- Beban
mengajar guru 24 jam/minggu
|
- Beban
mengajar guru 24 jam/minggu
|
0
|
|
- Ratio
antara jumlah siswa dengan buku teks mapel
- Agama 0 : 0
- B. Indonesia 1 : 2
- Matematika 1 : 2
- PKn 1 : 1
- IPA 0 : 0
- IPS 1 : 4
- Penjas 0 : 0
- SBK 0 : 0
- B. Jawa 0 : 0
- B, Inggris 0 : 0
- SBMN 0 : 0
|
- Ratio
antara jumlah siswa dengan buku teks mapel ... :
- Agama 1 : 1
- B. Indonesia 1 : 1
- Matematika 1 : 1
- PKn 1 : 1
- IPA 1
: 1
- IPS 1 : 1
- Penjas 1 : 1
- SBK 1 : 1
- B. Jawa 1 : 1
- B, Inggris 1 : 1
- SBMN 1 : 1
|
Penambahan ......... / siswa
100 %
50 %
50 %
0 %
100 %
75 %
100 %
100 %
100 %
100 %
100 %
|
|
- Pengelolaan
kelas: 100.%
|
- Pengelolaan
kelas: 100.%
|
0 %
|
|
C
|
Pelaksanaan
pembelajaran:
|
||
|
- Cakupan pendahuluan dalam
pembelajaran oleh guru di kelas: 100 %
|
- Cakupan pendahuluan dalam
pembelajaran oleh guru di kelas: 100 %
|
0
%
|
- Cakupan penerapan prinsip
pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 50 %
|
- Cakupan penerapan prinsip
pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 100 %
|
50 %
|
|
- Penerapan CTL: 100 %
|
- Penerapan
CTL: 100 %
|
0
%
|
|
- Penerapan pembelajaran tuntas: 100 %
|
- Penerapan
pembelajaran tuntas: 100 %
|
0
%
|
|
- Penerapan PAIKEM/PAKEM: 75 %
|
- Penerapan PAIKEM/PAKEM: 100 %
|
25
%
|
|
- Penerapan pembelajaran di luar
kelas/sekolah:50 %
|
- Penerapan pembelajaran di luar
kelas/sekolah: 100 %
|
50
%
|
|
- Cakupan pelaksanaan penutup
dalam pembelajaran: 100 %
|
- Cakupan
pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100 %
|
0
%
|
|
D
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
|
||
|
- Pengembangan instrumen
penilaian hasil belajar: 100 %
|
- Pengembangan instrumen penilaian
hasil belajar: 100 %
|
0
%
|
- Variasi model penilaian 0 %
kurang variatif
|
- Variasi model penilaian:100 %
variatif
|
0
%
|
|
- Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100 % berbasis TIK
|
- Pengolahan/analisis hasil
penilaian: 100 %
|
0
%
|
|
- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 100 %
|
- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil
penilaian: 100 %
|
0
%
|
|
E
|
Pengawasan proses pembelajaran:
|
||
|
- Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran: 100 %
|
- Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran: 100 %
|
0 %
|
- Cakupan kegiatan supervisi
pembelajaran: 100 %
|
- Cakupan kegiatan supervisi
pembelajaran: 100 %
|
0 %
|
|
- Cakupan kegiatan evaluasi
pembelajaran: . 100 %
|
- Cakupan kegiatan evaluasi
pembelajaran: 100 %
|
0 %
|
|
- Dokumen pelaporan hasil
evaluasi pembelajaran: 100 %
|
- Dokumen pelaporan hasil
evaluasi pembelajaran: 100 %
|
0 %
|
|
- Cakupan tindak lanjut hasil
evaluasi pembelajaran: 100 %
|
- Cakupan tindak lanjut hasil
evaluasi pembelajaran: . 100 %
|
0 %
|
|
4
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
||
A
|
Kepala sekolah:
|
|
|
|
- Menguasai TIK
|
- Kepemilikan
sertifikat TIK
|
0
%
|
- Kepemimpinan 100 % baik
|
- kepemimpinan 100 % baik
|
0
%
|
|
- Mampu melaksanakan MBS 75 %
|
- Mampu melaksanakan MBS100 %
|
25
%
|
|
- Memiliki kemampuan kewirausahaan
100
% baik
|
- Memiliki kemampuan
kewirausahaan 100 % baik
|
0
%
|
|
- Melaksanakan supervisi,
monitoring, dan evaluasi sekolah 4 kali pertahun
|
- Melaksanakan supervisi,
monitoring, dan evaluasi sekolah 12 kali
|
8 kali
|
|
|
- administrasi sekolah 90 % baik
|
- administrasi sekolah 100 % baik
|
10
%
|
B
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
|
|
- Kebutuhan
guru 75 % terpenuhi
|
- Kebutuhan
guru 100 % terpenuhi
|
25 %
|
- Kesesuaian
ijazah guru dengan bidang
studi yang diajarkan 80 %
|
- Kesesuaian ijazah guru dengan bidang
studi yang diajarkan 100 %
|
20 %
|
|
- Mampu
melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar . 100 %
|
- Mampu
melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 100 %
|
0 %
|
|
- Mampu
bahasa Inggris aktif 10 %
|
- Mampu bahasa Inggris
aktif 100 %
|
90 %
|
|
- Menguasai TIK: .50 %
|
- Menguasai TIK: 100 %
|
50 %
|
|
- Memahami
dan melaksanakan KTSP: 100 %
|
- Memahami
dan melaksanakan KTSP: 100 %
|
0 %
|
|
- Melaksanakan penelitian pendidikan:
50
%
|
- Melaksanakan
penelitian pendidikan: 100 %
|
50 %
|
|
- Mengikuti
Pelatihan kepribadian:
10%
|
- Mengikuti
Pelatihan kepribadian: 100%
|
90 %
|
|
- Melaksanakan
Pengabdian masyarakat: 70 %
|
- Melaksanakan
Pengabdian masyarakat: 100%
|
30 %
|
|
- Mengikuti
Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 75%
|
- Mengikuti
Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 100%
|
25 %
|
|
- Kompetensi
lulusan guru S1/S2 50%
|
- Kompetensi
lulusan guru S1/S2 100%
|
50
%
|
|
- guru
bersertifikasi profesi: 10%
|
- guru
bersertifikasi profesi: 70%
|
60
%
|
|
- guru
yang memiliki komputer/laptop: 60%
|
- guru
yang memiliki komputer/laptop: 100%
|
40
%
|
|
c
|
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata)
|
||
|
- Jumlah tenaga TU
berijazah sarjana 0 %
|
- Jumlah tenaga TU
berijazah sarjana 10 %
|
10%
|
- MenguasaiTIK:
80%
|
- MenguasaiTIK:
100%
|
20%
|
|
- Menguasai
bahasa Inggris: 50 %
|
- Menguasai
bahasa Inggris: 75 %
|
25%
|
|
- Mengikuti
Pelatihan dibidangnya: 60%
|
- Mengikuti
Pelatihan dibidangnya: 100%
|
40%
|
|
- Pelatihan
manajemen sesuai bidangnya:0%
|
- Pelatihan
manajemen sesuai bidangnya: 100%
|
100%
|
|
5
|
Standar Sarana
dan Prasarana
|
||
A
|
Sarana dan
Prasarana Minimal
|
||
|
- Ruang
kepala sekolah: 35 m2
|
- Ruang
kepala sekolah: 35 m2
|
0%
|
- Ruang
perpustakaan: standar
|
- Ruang
perpustakaan: standar
|
ada
|
|
- Ruang Lab. IPA belum ada
|
- Ruang Lab. IPA: ada
|
ada
|
|
- Ruang Lab. Bahasa : belum ada
|
- Ruang Lab. Bahasa : ada
|
ada
|
|
- Gudang: 1 bh
|
- Gudang: 1 bh
|
1 bh
|
|
- Ruang
UKS :
ada
|
- Ruang UKS : Tidak standar
|
Tidak standar
|
|
- Ruang sholat : ada
|
- Ruang sholat : Tidak standar
|
Tidak
standar
|
|
- Gapura sekolah : belum ada
|
- Gapura sekolah : Belum ada
|
Belum ada
|
|
- Paving : 90%
|
- Paving : 100%
|
50%
|
|
- Taman
: 25 %
|
- Taman
: 100%
|
75%
|
|
- Tempat bakul : belum ada
|
- Tempat bakul : ada
|
ada
|
|
- Pagar sekolah : belum standar
|
- Pagar sekolah : standar
|
standar
|
|
B
|
Sarana dan
Prasarana Lainnya
|
||
|
- Ruang
Lab. Komputer: belum ada
|
- Ruang
Lab. Komputer: ada
|
ada
|
- Ruang
kantin: belum ada
|
- Ruang
kantin: 1 ruang
|
1
|
|
C
|
Fasilitas
Pembelajaran dan Penilaian
|
||
|
- Komputer siswa :3 bh
|
- Komputer siswa : 20 bh
|
9 buah
|
- Komputer TU: 1 buah
|
- Komputer TU: 2 buah
|
1 buah
|
|
- OHP : belum ada
|
- OHP : 1 buah
|
1
buah
|
|
- Memiliki TV/VCD 1 set
|
- Memiliki TV/VCD 5 set
|
2 set
|
|
- Sarana olah raga : 25%
|
- Sarana olah raga: 100%
|
75%
|
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
||
A
|
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan:
|
||
|
- Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2)
90
% sempurna
- Dokumen PSB: 100%
sempurna
|
- Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2)
100%
sempurna
- Dokumen PSB: 100%
sempurna
|
10
%
0 %
|
|
- Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 75 %
lengkap
|
- Dokumen Pedoman pembinaan
kesiswaan: 100%
|
25%
|
|
- Dokumen tata tertib sekolah: 100% lengkap
|
- Dokumen tata tertib sekolah: 100%
|
0 %
|
|
- Dokumen kode
etik sekolah : 0%
|
- Dokumen kode etik sekolah: 100%
|
100%
|
|
- Dokumen penugasan guru: 100%
|
- Dokumen penugasan guru: 100%
|
0
%
|
|
- Dokumen
administrasi ruang kelas : 75%
|
- Dokumen administrasi ruang
kelas : 100%
|
25
%
|
|
- Dokumen administrasi ruang keterampilan :0%
|
- Dokumen administrasi ruang keterampilan : 100%
|
100%
|
B
|
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
|
||
|
- Struktur
organisasi: 75% lengkap
|
- Struktur
organisasi: 100% lengkap
|
25%
|
|
- Dokumen
pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
|
- Dokumen
pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
|
0%
|
|
- Dokumen
mekanisme fungsi/tugas organisasi: . 100%
|
- Dokumen
mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100%
|
0%
|
C
|
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
|
||
|
- memiliki
instrumen supervisi 100% lengkap
|
- memiliki
instrumen supervisi 100% lengkap
|
0%
|
|
- memiliki
instrumen monitoring 100% lengkap
|
- memiliki
instrumen monitoring 100% lengkap
|
0%
|
|
- memiliki
instrumen evaluasi 80% lengkap
|
- memiliki
instrumen evaluasi 100% lengkap
|
20%
|
|
- memiliki
instrumen akreditasi 100% lengkap
|
- memiliki
instrumen akreditasi 100% lengkap
|
0%
|
|
- memiliki
pelaporan supervisi 75% lengkap
|
- memiliki
pelaporan supervisi 100%
lengkap
|
25%
|
|
- memiliki
pelaporan monitoring 75% lengkap
|
- memiliki
pelaporan monitoring 100%
lengkap
|
25%
|
|
- melakukan pelaporan evaluasi 100%
|
- melakukan pelaporan evaluasi 100%
|
0%
|
|
- melakukan
pelaporan akreditasi internal100%
|
- melakukan
pelaporan akreditasi internal 100%
|
0%
|
|
- Pendokumentasian: 100% baik
|
- Pendokumentasian:. 100% baik
|
0%
|
|
- Tindak lanjut: 100%
|
- Tindak lanjut: 100%
|
0%
|
D
|
Kemitraan dan peran serta masyarakat:
|
||
|
- Dokumen
keberadaan Komite Sekolah: 100%
|
- Dokumen
keberadaan Komite Sekolah: 100%
|
0%
|
|
- Dokumen
program kerja komite sekolah: 25%
|
- Dokumen
program kerja komite sekolah:
100%
|
75%
|
|
- Kepengurusan
komite sekolah: 80% lengkap
|
- Kepengurusan
komite sekolah: 100% lengkap
|
0%
|
|
- Bantuan
biaya pendidikan dari orang tua siswa: Rp.
0,-/bulan
|
- Bantuan
biaya pendidikan dari orang tua siswa: Rp/bulan
|
Rp. 0,-/bulan
|
7.
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
||
A
|
Sumber dana:3 buah
|
Sumber dana: minimal 3 buah
|
Minimal 0
|
B
|
Pengalokasian
dana: ... SNP
|
Pengalokasian
dana: minimal ... SNP
|
........
|
C
|
Penggunaan
dana: 75% sesuai APBS
|
Penggunaan
dana: 90% sesuai APBS
|
15%
|
D
|
Pelaporan
penggunaan dana: 100%
|
Pelaporan
penggunaan dana: 100%
|
0%
|
E
|
Dokumen
pendukung pelaporan: 75%
|
Dokumen
pendukung pelaporan: 90%
|
15%
|
8.
|
Standar PenilaianPendidikan:
|
||
A
|
Frekuensi
ulangan harian oleh guru tiap KD: 75%
|
Frekuensi
ulangan harian oleh guru tiap KD: 100%
|
25%
|
B
|
Ulangan tengah
semester
dilakukan oleh
guru: 60% baik
|
Ulangan tengah
semester
yang dilakukan
oleh guru: 75% baik
|
15%
|
C
|
Cakupan materi
ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
|
Cakupan materi
ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
|
0%
|
D
|
Cakupan materi
ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
|
Cakupan materi
ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
|
0%
|
E
|
Teknik-teknik
penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelaja-ran: .75%
variatif
|
Teknik-teknik
penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 90%
variatif
|
15%
|
F
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 25%
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 50%
|
25%
|
G
|
Variasi instrumen yang dikembang-kan
sekolah untuk ulangan akhir semester: 25%
|
Variasi instrumen yang dikembang-kan
sekolah untuk ulangan akhir se-mester: 50%
|
25%
|
H
|
Variasi instrumen yang dikembang-kan
sekolah untuk ulangan kenai-kan kelas: 25%
|
Variasi instrumen yang dikembang-kan
sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 50%
|
25%
|
I
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100%
terpenuhi
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100% terpenuhi
|
0%
|
J
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100%
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100%
|
0%
|
9.
|
Budaya dan lingkungan sekolah.
|
||
A.
|
Budaya bersih.
|
||
|
Kesadaran budaya bersih .60%
|
Kesadaran budaya bersih 75%
|
15%
|
B.
|
Budaya disiplin.
|
||
|
Kesadaran guru mentaati peraturan75%.
|
Kesadaran guru mentaati peraturan 100%.
|
25%
|
Kesadaran Staf Tata Usaha taat peraturan 75%
|
Kesadaran Staf Tata Usaha taat peraturan 100%.
|
25%
|
|
Kesadaran siswa mentaati peraturan 70%.
|
Kesadaran siswa mentaati peraturan 100%..
|
30%
|
|
C.
|
Budaya tata krama “in Action”
|
||
|
Warga
sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 75%
|
Warga sekolah
memahami dan melaksanakan tata karma 100%
|
25%
|
D.
|
Tamanisasi.
|
||
|
Memiliki taman
25% dari lahan kosong.
|
Memiliki taman
100% dari lahan kosong.
|
75%
|
E.
|
Pengembangan lomba-lomba kebersihan.
|
||
|
Melaksanakan
lomba kebersi-han 1 x pertahun
|
Melaksanakan
lomba kebersi-han 2 x pertahun
|
1 kali
|
C. VISI SEKOLAH
Unggul berprestasi ,terampil
berkarya dan berbudaya dilandasi iman
dan taqwa
Ø
Tujuan
-
Dapat
mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan pembiasaan
-
Meraih
prestasi akademik maupun non akademik Tingkat Kecamatan
-
Menguasai
dasar-dasar ilmu pemgetahuan dan tehnologi sebagai bekal untuk Melanjutkan
kesekolah yang lebih tinggi.
-
Menjadi
sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
-
Menjadi
sekolah yang diminati.
D. MISI SEKOLAH
-
Meningkatkan
prestasi akademik siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum ,bimbingan dan cita
cita siswa serta perkembangan IPTEK.
-
Meningkatkan
ketrampilan siswa dan memahami konsep-konsep kewirausahaan sesuai dengan
kondisi lingkungan dan kebutuhan lapangan pekerjaan.
-
Meningkatkan
kualitas guru dalam mengembangkan broad based education dengan tidak
mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya masyarakat sekitar
-
Meningkatkan
kualitas kegiatan ekstrakurikuler.
E. TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 (EMPAT)
TAHUN KE DEPAN
Pada tahun pelajaran 2012/2013 sampai
dengan 2015/2016
diharapkan :
-
Dapat
mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan pembiasaan
-
Meraih
prestasi akademik maupun non akademik Tingkat Kecamatan
-
Menguasai
dasar-dasar ilmu pemgetahuan dan tehnologi sebagai bekal untuk Melanjutkan
kesekolah yang lebih tinggi.
-
Menjadi
sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
-
Menjadi
sekolah yang diminati.
F. PROGRAM STRATEGIS
1. Pengembangan pemetaan
Kompetensi Dasar
2. Pengembangan silabus
3. Pengembangan silabus penilaian
4. Pengembangan RPP
5. Pengembangan inovasi
pembelajaran
6. Pengembangan layanan bimbingan
pembelajaran
7. Pengembangan pendekatan CTL dalam
pembelajaran
8. Pengembangan pencapaian standar
kompetensi lulusan secara kontinyu dan terpadu
9. Pengembangan minat dan bakat
menyusun karya tulis
10. Pengembangan
penguasaan operasi komputer dan Internet Servise Propider
11. Pengembangan
kegiatan keagamaan
12. Pengembangan
kegiatan apresiasi seni
13. Pengembangan
prestasi olah raga
14. Pengembangan
sarana, prasarana,dan media pendidikan.
15. Pengembangan
upaya peningkatan SDM tenaga kependidikan.
16. Pengembangan
sistem penilaian yang terukur dengan pendekatan CTL
17. Pengembangan
pengelolaan sumber dana pendidikan
G. STRATEGI PELAKSANAAN /
PENCAPAIAN
1. Pengembangan Standar isi
(kurikulum) :
Menjalin kerjasama dan mengoptimalisasikan warga sekolah dalam
penyusunan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, penyusunan silabus,
sistem penilaian, membuat RPP, membuat model-model penilaian melalui MGMP,
workshop, dan IHT untuk memenuhi dokumen kurikulum sekolah.
2. Pengembangan inovasi
pembelajaran :
Mengadakan pelatihan-pelatihan pengembangan model-model
pembelajaran.
3. Pengembangan multi media
Internet Servis Propider
4. Pengembangan kompetensi lulusan :
Menjalin kerjasama antar tenaga pendidik sekolah dan antar
lembaga pendidikan yang lebih maju untuk peningkatan pengetahuan dan pengalaman.
5. Pengembangan prestasi akademik :
Menciptakan peningkatan kinerja guru, perpustakaan,
laboratorium dan sarana pendukung melalui pengadaan kelompok bimbingan terpadu.
6. Pengembangan sikap kritis dan
kewirausahaan :
Mengadakan kegiatan pelatihan ketrampilan penunjang belajar
dan penguasaan ketrmapilan bekal kemandirian melalui bimbingan terpadu dan
kontinyu melalui pelatihan bekerjasama dengan lembaga yang memiliki kompetensi
pada kecakapan yang diprogramkan.
7. Pengembangan prestasi non akademik :
Mengadakan pembinaan pada siswa yang berpotensi pada bidang
seni dan olahraga melalui pelatihan yang teratur dan sistematis.
8. Pengembangan kegiatan keagamaan :
Bekerjasama dengan lembaga pendidikan Al Qur’an secara
teratur, kerjasama dalam kegiatan keagamaan.
9. Pengembangan sarana :
Mengadakan peningkatan mutu dan jumlah sarana media
pembelajaran yang masih mengalami kekurangan melalui pengadaan maupun
bekerjasama dengan lembaga terkait.
10. Pengembangan
tenaga kependidikan :
Menjalin kerjasama dengan lembaga pengembang SDM pendidikan
melalui pelakanaan workshop, pelatihan dan penataran.
11. Pengembangan
penilaian :
Mengadakan pelatihan sistem penilaian dan mengadakan
departemen penilaian dan evaluasi.
12. Pengembangan
pengelolaan dana pendidikan :
Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait guna penggalian
sumber dana dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
H. Tonggak-tonggak kunci keberhasilan dapat
ditabulasikan sebagai berikut:
No.
|
Program
|
Tahun I
|
Tahun II
|
Tahun III
|
Tahun IV
|
|
1.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
|
|
|
|
A
|
Bidang akademik:
|
|
|
|
|
|
|
Rata2
pencapaian KKM semua
mapel
dari 6,50 menjadi 7,50
-
Rata2 pencapaian UASBN Mapel:
1. B. Indonesia dari 7,32 menjadi
7,50
2. Mapel Matematika dari 6,43 menjadi 7,5
3. Mapel IPA
dari 7,38 menjadi 7,50
- Rata2 pencapaian NUS dari 7,58 menjadi 8,00
|
6,75
7,35
6,75
7,40
7,65
|
7,00
7,40
7,00
7,43
7,75
|
7,25
7,45
7,25
7,47
7,85
|
7,50
7,50
7,50
7,50
8,00
|
|
|
-
Perolehan Jumlah Kejuaraan tingkat kecama-tan dari 0 jenis menjadi 3 jenis
-
Perolehan jumlah kejuaraan tingkat
kabupa-ten dari 0 jenis menjadi 1 jenis
|
1
-
|
1
-
|
1
1
|
-
-
|
|
B
|
Bidang non akademik:
|
|
|
|
|
|
|
- Perolehan jumlah
kejuaraan tingkat kecama-tan dari 0 jenis menjadi 3 /bidang
olahraga
dan Mapsi
- Perolehan
jumlah kejuaraan tingkat kabupa-ten dari 0 jenis menjadi 2 /bidang
olahraga
dan Mapsi
|
-
-
|
1
1
|
1
1
|
1
-
|
|
C
|
Kelulusan:
|
|
|
|
|
|
|
-
Jumlah kelulusan dari 100% menjadi 100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
|
D
|
Melanjutkan
studi:
|
|
|
|
|
|
|
- Jumlah lulusan yang melanjutkan
studi ke jenjang lebih tinggi dari 100% menjadi 100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
|
2
|
Standar Isi
|
|||||
A
|
Buku KTSP
(Buku/Dokumen-1):
|
|||||
|
- Tersusun Buku KTSP 1
bh
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
B
|
Silabus:
|
|||||
|
- Tersusun silabus dari
7 buah menjadi 11 buah mapel
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
C
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
|||||
|
- Tersusun RPP:dari 9 buah menjadi 11 buah dari semua mapel
|
1
|
1
|
-
|
-
|
|
D
|
Pemetaan SK
dan KD
|
|||||
|
- Tersusunnya
pemetaan SK dan KD dari 7 menjadi 11
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
3.
|
Standar Proses
|
|||||
A
|
Persiapan
pembelajaran:
|
|||||
|
- Kepemilikan silabus oleh guru: dari 100% menjadi 100%
- Kepemilikan RPP oleh guru: dari 9 mapel menjadi 11 mapel
- Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: dari 64% menjadi 100%
- Pengembangan perangkat
instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: dari 0% menjadi 100%
|
-
1
6%
25%
|
-
1
10%
25%
|
-
-
10%
25%
|
-
-
10%
25%
|
|
B
|
Persyaratan
Pembelajaran
|
|||||
|
- Jumlah siswa per
rombel: 34 menjadi 40
- Beban mengajar guru: 24 jam/minggu
- Ratio antara jumlah
siswa dengan buku tekas mapel :
- Agama 0 : 0 menjadi 1 :1
- B. Indonesia 1 : 2 menjadi 1 :1
- Matematika 1 : 2 menjadi 1
:1
- PKn 1 : 1 menjadi 1 :1
- IPA 0 : 0 menjadi 1 :1
- IPS 1 : 4 menjadi 1 :1
-
Penjas 0 : 0 menjadi 1 :1
- SBK 0 : 0 menjadi 1 :1
- B. Jawa 0 : 0 menjadi 1 :1
- B,
Inggris 0 : 0 menjadi 1 :1
- SBMN 0 : 0 menjadi 1 :1
- Pengelolaan kelas: dari 100% menjadi 100%
|
2
-
1 : 1
-
-
-
-
-
-
1 : 1
-
-
-
-
|
2
-
-
1 : 2
1 : 2
-
-
-
-
-
1 : 1
-
-
-
|
2
-
-
-
-
-
1 : 1
2 : 3
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
-
1 : 1
-
-
1 : 1
1 : 1
-
|
|
C
|
Pelaksanaan
pembelajaran:
|
|||||
|
- Cakupan
pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: dari 100% menjadi 100%
- Cakupan
penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan
konformatif: dari .50% menjadi 100%
- Penerapan
CTL: dari 100% menjadi 100%
- Penerapan
pembelajaran tuntas: dari ....% menjadi .... %
|
-
10%
-
|
-
10%
-
|
-
5%
-
|
-
-
-
|
|
- Penerapan PAIKEM/PAKEM: dari 75% menjadi 100%
- Penerapan
pembelajaran di luar kelas/sekolah: dari 50% menjadi 100%
- Cakupan pelaksanaan
penutup dalam pembelajaran: dari 100% menjadi 100%
|
10%
20%
-
|
10%
10%
-
|
5%
10%
-
|
-
10%
-
|
||
D
|
Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:
|
|||||
|
-
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: dari 100% menjadi 100%
- Variasi
model penilaian dari 0% menjadi 100% variatif
-
Pengolahan/analisis hasil penilaian dari 100% menjadi 100% berbasis TIK
-
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian dari 100% menjadi 100%
|
-
25%
-
-
|
-
25%
-
-
|
-
25%
-
-
|
-
25%
-
-
|
|
E
|
Pengawasan
proses pembelajaran:
|
|||||
|
Cakupan kegiatan pemantauan
pembelajaran dari 100% menjadi 100%
Cakupan kegiatan supervisi
pembelajaran dari 100% menjadi 100%
Cakupan kegiatan evaluasi
pembelajaran dari 100% menjadi 100%
Dokumen pelaporan hasil evaluasi
pembelajaran dari 100% menjadi 100%
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi
pembelajaran dari 100% menjadi 100%
|
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
|
|
4
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga
Kependidikan:
|
|||||
A
|
Kepala
sekolah:
|
|||||
|
Memiliki sertifikat TIK
Kepemimpinan 100% baik
Mampu melaksanakan MBS dari 75% menjadi 100%
Memiliki kemampuan kewirausahaan dari 100% menjadi 100% baik
Melaksanakan supervisi, monitoring,
dan evaluasi Pembelajaran dari 4 kali/tahun menjadi 12
kali/tahun.
Administrasi sekolah dari 90% menjadi 100% baik
|
-
-
-
-
2
-
|
-
-
10%
-
2
10%
|
-
-
10%
-
2
-
|
-
-
5%
-
2
-
|
|
B
|
Guru:
(bersifat rata-rata)
|
|||||
|
- Kebutuhan
guru dari 75% menjadi 100% terpenuhi
- Kesesuaian
ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan dari 80% menjadi 100%
|
-
10%
|
-
-
|
15%
10%
|
10%
-
|
|
- Mampu
melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar dari 100% menjadi 100%
- Mampu
bahasa Inggris aktif dari
10% menjadi 100%
- Menguasai
TIK: dari 50% menjadi 100%
- Memahami
dan melaksanakan KTSP: dari 100% menjadi 100%
- Melaksanakan
penelitian pendidikan dari 50% menjadi 100%
- Mengikuti
Pelatihan kepribadian dari 70% menjadi 100%
- Melaksanakan
Pengabdian masyarakat dari 70% menjadi 100%
- Mengikuti
Pelatihan PAIKEM/PAKEM dari 75% menjadi 100%
- Kompetensi
lulusan guru S1/S2 50% menjadi 100%
- guru
bersertifikasi profesi dari 10% menjadi 70%
- guru
yang memiliki komputer/laptop dari 60% menjadi 100%
|
-
20%
25%
-
-
-
15%
-
25%
-
-
|
-
20%
25%
-
10%
-
15%
-
-
20%
-
|
-
25%
-
-
10%
30%
-
-
-
20%
20%
|
-
25%
-
-
5%
-
-
25%
25%
20%
20%
|
||
C
|
Tenaga
TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata)
|
|||||
|
- Jumlah tenaga TU berijazah sarjana dari 0% menjadi 10%
- Menguasai TIK: dari 80% menjadi 100%
- Menguasai bahasa Inggris: dari 50% menjadi 75%
- Mengikuti pelatihan dibidangnya dari 60% menjadi 100%
- Pelatihan manajemen sesuai bidangnya dari 0% menjadi 100%
|
-
10%
-
10%
25%
|
-
10%
-
10%
25%
|
10%
-
15%
10%
25%
|
-
-
10%
10%
25%
|
|
5
|
Standar Sarana
dan Prasarana
|
|||||
A
|
Sarana dan
Prasarana Minimal
|
|||||
|
- Ruang
kepala sekolah dari 35 m2 menjadi 35 m2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
- Ruang
perpustakaan dari standar menjadi standar
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
- Ruang
Lab. IPA dari belum ada menjadi ada
|
-
|
ada
|
-
|
-
|
||
- Ruang Lab. Bahasa dari belum ada menjadi ada
|
-
|
ada
|
-
|
-
|
||
- Gudang 0 buah
menjadi 1 buah
|
-
|
-
|
ada
|
-
|
||
- Ruang UKS dari ada menjadi standar
|
-
|
-
|
standar
|
-
|
||
- Ruang sholat dari ada menjadi
standar
|
-
|
-
|
standar
|
-
|
||
- Gapura
sekolah dari belum ada menjadi ada
|
-
|
-
|
-
|
ada
|
||
- Paving dari 50% menjadi 100%
|
50%
|
-
|
-
|
-
|
||
- Taman dari 25 % menjadi 100%
|
-
|
50%
|
25%
|
-
|
||
- Tempat bakul dari belum ada menjadi ada
|
ada
|
-
|
-
|
-
|
||
- Pagar sekolah dari belum standar menjadi standar
|
ada
|
-
|
-
|
-
|
||
B
|
Sarana dan
Prasarana Lainnya
|
|||||
|
- Ruang
Lab. Komputer dari belum ada menjadi ada
|
-
|
-
|
ada
|
-
|
|
- Ruang
kantin dari belum ada menjadi ada
|
-
|
-
|
ada
|
-
|
||
C
|
Fasilitas
Pembelajaran dan Penilaian
|
|||||
|
- Komputer
siswa
dari 1 bh menjadi 10 buah
|
2
|
4
|
3
|
1
|
|
- Komputer
TU dari 1 buah menjadi 2 buah
|
-
|
-
|
-
|
1
|
||
- OHP dari belum ada menjadi ada
|
-
|
1
|
-
|
-
|
||
- Memiliki
TV/VCD dari 3 set menjadi 5 set
|
-
|
1
|
1
|
-
|
||
- Sarana olah raga dari 25%
menjadi 100%
|
-
|
25%
|
25%
|
25%
|
||
6.
|
Standar Pengelolaan
|
|||||
A
|
Perangkat
dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan:
|
|||||
|
-
Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): dari 90%
menjadi 100%
sempurna
-
Dokumen PSB dari 100%
menjadi 100%
sempurna
-
Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan dari 75% menjadi 100%
|
10%
-
15%
|
-
-
10%
|
-
-
-
|
-
-
-
|
|
-
Dokumen tata tertib sekolah dari 100% menjadi 100%
- Dokumen kode etik
sekolah dari 0% menjadi 100%
- Dokumen penugasan
guru dari 100% menjadi 100%
- Dokumen administrasi
ruang kelas dari 75%
menjadi 100%
- Dokumen
administrasi ruang keterampilan dari 0% menjadi 100%
|
-
25%
-
-
25%
|
-
25%
-
15%
25%
|
-
25%
-
10%
25%
|
-
25%
-
-
25%
|
||
B
|
Struktur
organisasi dan mekanisme kerja:
|
|||||
|
- Struktur organisasi
dari 75% menjadi 100%
- Dokumen pembagian
tugas/kewenangan/tupoksi dari 100% menjadi 100%
- Dokumen mekanisme
fungsi/tugas organisasi dari 100% menjadi 100%
|
25%
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
|
C
|
Supervisi,
monitoring, evaluasi, dan akreditasi:
|
|||||
|
- memiliki instrumen supervise dari 100% menjadi 100% lengkap
- memiliki instrumen monitoring dari 100% menjadi 100% lengkap
- memiliki instrumen evaluasi dari 80% menjadi 100% lengkap
- memiliki instrumen akreditasi dari 100% menjadi 100% lengkap
- memiliki pelaporan supervisi dari 75% menjadi 100% lengkap
- memiliki pelaporan monitoring dari 75% menjadi 100% lengkap
- melakukan pelaporan evaluasi dari 100% menjadi 100%
- melakukan pelaporan akreditasi internal
100%
- Pendokumentasian dari
100% menjadi 100% baik
- Tindak lanjut: dari 100% menjadi 100%
|
-
-
10%
-
15%
-
-
-
-
-
|
-
-
10%
-
10%
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
15%
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
10%
-
-
-
-
|
|
D
|
Kemitraan dan
peranserta masyarakat:
|
|||||
|
- Dokumen keberadaan Komite Sekolah dari
100% menjadi 100%
- Dokumen program kerja komite sekolah dari
25% menjadi 100%
- Kepengurusan komite sekolah : dari 100% menjadi 100% lengkap
- Bantuan biaya pendidikan dari orang
tua siswa dari 1.500.000,-/bulan
|
-
-
-
-
|
-
25%
-
-
|
-
25%
-
-
|
-
25%
-
-
|
|
7.
|
Standar
Keuangan dan Pembiayaan
|
|||||
a
|
Sumber dana dari 3
menjadi 3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
b
|
Pengalokasian dana dari ...... menjadi .... SNP
|
|
|
|
|
|
c
|
Penggunaan dana: dari 75% menjadi 90%
|
10%
|
5%-
|
-
|
-
|
|
d
|
Pelaporan penggunaan danadari 100% menjadi 100%
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
e
|
Dokumen pendukung pelaporan dari 75% menjadi 90%
|
10%
|
5%
|
-
|
-
|
|
8.
|
Standar Penilaian
Pendidikan:
|
|||||
a
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD dari 75% menjadi 100%
|
25%
|
-
|
-
|
-
|
|
b
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru dari
60% menjadi 75%
|
10%
|
5%
|
-
|
-
|
|
c
|
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah dari
100% menjad 100%
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
d
|
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolahdari 100% menjadi 100%
|
-
|
-
|
--
|
-
|
|
e
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran dari 75% menjadi 90%
|
10%
|
5%
|
-
|
-
|
|
f
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk
ulangan harian dari 25% menjadi 50%
|
15%
|
10%
|
-
|
-
|
|
g
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan akhir semester: dari
25% menjadi 50%
|
-
|
-
|
15%
|
10%
|
|
h
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan kenaikan kelas dari 25% menjadi 50%
|
-
|
15%
|
10%
|
-
|
|
i
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh guru:dari 100%
menjadi 100%
terpenuhi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
9.
|
Budaya dan lingkungan sekolah.
|
|||||
a.
|
Budaya bersih.
|
|
|
|
|
|
|
Kesadaran budaya bersih dari 60% menjadi 75%
|
10%
|
5%
|
-
|
-
|
|
b.
|
Budaya
disiplin.
|
|
|
|
|
|
|
Kesadaran guru mentaati peraturan dari 75% menjadi 100%
Kesadaran Staf Tata Usaha mentaati peraturan dari 75% menjadi 100%
Kesadaran siswa mentaati peraturan dari 70% menjadi 100%
|
15%
15%
15%
|
10%
10%
15%
|
-
-
-
|
-
-
-
|
|
c.
|
Budaya tata
krama “ in action”
|
|
|
|
|
|
|
Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata karma dari 75% menjadi 100%
|
15%
|
10%
|
-
|
-
|
|
d.
|
Tamanisasi.
|
|
|
|
|
|
|
Memiliki taman dari 25% menjadi 100%dari lahan kosong.
|
-
|
25%
|
25%
|
25%
|
|
Ringin
, 01 Juli 2012
Ketua
Komite
SD
Negeri I Ringin
MASKAT
|
Kepala
SD Negeri I Ringin
SUGIHAR WAHYUDI,S.Pd
NIP.19600210
197911 1 003
|
PEMERINTAH KABUPATEN
REMBANG
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 2 KARANGMANGU
Alamat : Desa Karangmangu
Kec. Sarang Kab. Rembang 59274
Terima kasih membuat semakin jelas ! Hanya perlu dibuatkan instrumen evaluasi ketercapaian program tiap tahun.
BalasHapus