Kamis, 11 April 2013

RKJM 2012



RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH 
(RKJM)
SD NEGERI I RINGIN
TAHUN 2012/2013  s/d  2015/2016

A.          ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan pencerahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Berbagai paradigma baru menyangkut guru, proses pembelajaran dan elemen-elemen penting dalam pendidikan dimuat dalam undang-undang tersebut. Dalam Pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 itu dijelaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tujuan yang kompleks tersebut, Pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam peraturan pemerintah ini dijelaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan meliputi: 1) standar isi, 2) standar kompetensi lulusan, 3) standar proses 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan, dan 8) standar penilaian pendidikan. Melalui Standar Nasinal Pendidikan, sekolah dapat “berkaca diri” sejauh mana setiap standar pendidikan dicapainya.
SD Negeri I Ringin, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang terletak di Desa Ringin  bagian timur ± 17 km sebelah timur Kabupaten Rembang yang didirikan pada tahun 1949 di atas tanah seluas ± 3244 m2 dengan jumlah 7 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang UKS, 1 ruang sholat, 1 ruang komputer dan 1 ruang perpustakaan. Kondisi geografis yang demikian merupakan “tantangan” bagi warga sekolah untuk mengantisipasi berbagai pengaruh negatif yang datang dari luar sekolah. Pengaruh-pengaruh negatif ini sangat rentan mengingat Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang merupakan perlintasan lalu lintas darat jalur Pantura   
Warga masyarakat, termasuk orang tua siswa mayoritas berprofesi sebagai Petani dan dari segi keadaan ekonomi masyarakat, warga masyarakat Karangmangu jika dikategorikan termasuk kelas menengah ke bawah. SD Negeri I Ringin bukan merupakan satu-satunya Sekolah Dasar Negeri di desa Karangmangu.   hal ini memacu SD Negeri I Ringin untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu bersaing.  sebagai contoh,  pada penerimaan siswa baru Tahun Pelajaran 2012/2013 SD Negeri I Ringin memperoleh cukup banyak siswa baru yaitu 34 siswa.
Dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah, terhadap penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri I Ringin cukup baik. Pemerintah pusat melalui dana dekonstrasi Propinsi Jawa Tengah cukup banyak membantu penyelenggaraan pendidikan. Pada tahun 2008/2009, jenis bantuan yang telah diterima oleh SD Negeri I Ringin  adalah Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK)  dan pembangunan gedung perpustakaan. Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang pun terus memberikan dukungan positif, yang ditandai dengan pemberian bantuan kepada sekolah. Sebagai contoh, setiap tahunnya Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah selalu mengalokasikan dana bantuan guru honorer bagi guru yang honorer. Begitu juga dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang.  Pemerintah Daerah berkomitmen   dengan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama pembangunan di Kabupaten Rembang dengan komitmen tersebut, SD Negeri I Ringin diharapkan dapat terus memacu mutu pendidikan untuk meraih cita-cita.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri I Ringin keikutsertaan peran serta masyarakat, perangkat desa, tokoh agama dan khususnya orang tua wali murid benar-benar diberdayakan dengan ikhlas membantu pengembangan pembangunan dalam bentuk Kotak Amal Jariyah yang dikelola langsung oleh Komite Sekolah, sehingga akan terwujud Rencana Kerja Jangka Menengah yang diharapkan dalam kurun waktu empat tahun mendatang.

B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI, KONDISI PENDIDIKAN  YANG
     DIHARAPKAN 4 TAHUN KE DEPAN DAN BESARNYA TANTANGAN

No.
Kondisi pendidikan saat ini
Kondisi pendidikan masa datang
Besar tantangan nyata
1.
Standar Kompetensi Lulusan
A
Bidang akademik:

- Rata-rata pencapaian KKM semua mapel 6,50
- Rata-rata pencapaian KKM semua mapel 7,50
1,00
- Ratarata pencapaian Nilai 
  UASBN  adalah :
  Mapel B. Indonesia 7,32
  Mapel Matematika  dari 6,43
  Mapel IPA  dari 7,38
- Rata-rata pencapaian Nilai UASBN  adalah :
  Mapel B. Indonesia 7,50                                  Mapel Matematika  7,50
  Mapel IPA  7,50


0,18
1,57
0,12
- Rata2 pencapaian NUS
  adalah 7,58
- Rata2 pencapaian NUS
  adalah 8,00
0,42
- Perolehan Jumlah Kejuaraan   tingkat kecamatan 0 jenis
- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kabupaten 0 jenis
- Perolehan Jumlah Kejuaraan  tingkat kecamatan 3 jenis
- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kabupaten 1 jenis
3

1
B
Bidang non akademik:

-  Perolehan jumlah kejuaraan ting-kat kecamatan 0 jenis /bidang olahraga dan Mapsi
-  Perolehan jumlah kejuaraan ting-kat kabupaten 0 jenis /bidang olahraga dan Mapsi
-  Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kecamatan 3 jenis /bidang olahraga dan Mapsi
-  Perolehan jumlah kejuaraan        tingkat kabupaten 2 jenis /bidang olahraga dan Mapsi
3


2
C
Kelulusan:

- Persentase kelulusan 100%
- Persentase kelulusan 100%
0 %
D
Melanjutkan studi:

-  Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100%
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100%
0 %
                      
2
Standar Isi


A
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):

Tersusun Buku KTSP 1 buah
Tersusun Buku KTSP 1 buah
0 %
B
Silabus:

- Tersusun silabus 7 mapel
- Tersusun silabus 11 mapel
4
C
 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

- Tersusun RPP : 9  dari semua mapel.
- Tersusun RPP:  11 dari semua mapel
2
D
Pemetaan SK dan KD

 Tersusunnya pemetaan SK dan KD  7
Tersusunnya pemetaan SK dan   KD  11
4
3.
Standar Proses
A
Persiapan pembelajaran:

- Kepemilikan silabus oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan silabus guru mapel Bahasa Inggris 0 buah,
- Kepemilikan silabus guru mapel SBMN 0 buah
- Kepemilikan silabus oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan silabus guru mapel Bahasa Inggris 1 buah,
- Kepemilikan silabus guru mapel SBMN  1 buah
            0

1

1

- Kepemilikan RPP oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan RPP guru mapel Bahasa Inggris 0 buah,
- Kepemilikan RPP guru mapel SBMN 0 buah
- Kepemilikan RPP oleh guru kls 100% memiliki
- Kepemilikan RPP guru mapel Bahasa Inggris 1 buah,
- Kepemilikan RPP guru mapel SBMN 1 buah
0

1

1
-  Kepemilikan sumber belajar/ bahan ajar (bk. penunjang) 64 %
-  Kepemilikan sumber belajar/ba-han ajar (bk.penunjang) 36%
36 %
-  Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa:  0 %
-  Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%
100%
B
Persyaratan Pembelajaran



-  Jumlah siswa per rombel 34 anak
-  Jumlah siswa maksimal per rombel 40  anak
6
-  Beban mengajar guru 24 jam/minggu
-  Beban mengajar guru 24 jam/minggu
0
-  Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel
-  Agama  0 : 0
-  B. Indonesia  1 : 2
-  Matematika 1 : 2
-  PKn 1 : 1
-  IPA 0 : 0
-  IPS 1 : 4
-  Penjas 0 : 0
-  SBK 0 : 0
-  B. Jawa 0 : 0
-  B, Inggris 0 : 0
-  SBMN 0 : 0
-  Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel ... :        
-  Agama  1 : 1
-  B. Indonesia  1 : 1
-  Matematika 1 : 1
-  PKn 1 : 1
-  IPA 1 : 1
-  IPS 1 : 1
-  Penjas 1 : 1
-  SBK 1 : 1
-  B. Jawa 1 : 1
-  B, Inggris 1 : 1
 -  SBMN 1 : 1
Penambahan ......... / siswa
100 %
50 %
50 %
0 %
100 %
75 %
100 %
100 %
100 %
100 %
100 %
- Pengelolaan kelas: 100.%
- Pengelolaan kelas: 100.%
0 %
C
Pelaksanaan pembelajaran:

-  Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100 %
-  Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100 %
0 %

-  Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 50 %
-  Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 100 %
50 %
-  Penerapan CTL: 100 %
- Penerapan CTL: 100 %
0 %
-  Penerapan pembelajaran tuntas: 100 %
- Penerapan pembelajaran tuntas: 100 %
0 %
-  Penerapan PAIKEM/PAKEM: 75 %
- Penerapan PAIKEM/PAKEM:  100 %
25 %
-  Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah:50 %
-  Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 100 %
50 %
-  Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100 %
-  Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100 %
0 %
D
   Pelaksanaan penilaian pembelajaran:

-  Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100 %
-  Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100 %
0 %
-  Variasi model penilaian 0 % kurang variatif
-  Variasi model penilaian:100 %
   variatif
0 %

-  Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100 % berbasis TIK
-  Pengolahan/analisis hasil penilaian: 100 %
0 %
-   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 100 %
-  Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 100 %
0 %
E
Pengawasan proses pembelajaran:

-  Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100 %
-  Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100 %
0  %
-  Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100 %
-  Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100 %
0 %
-  Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: . 100 %
-  Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100 %
0 %
-  Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100 %
-  Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100 %
0 %
-  Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100 %
-  Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: . 100 %
0 %
4
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
A
Kepala sekolah:



-  Menguasai TIK
-  Kepemilikan sertifikat TIK
0 %
-  Kepemimpinan 100 % baik
-  kepemimpinan 100 % baik
0 %
-  Mampu melaksanakan MBS 75 %
-  Mampu melaksanakan MBS100 %
25 %
-  Memiliki kemampuan kewirausahaan 100 % baik
-  Memiliki kemampuan kewirausahaan 100 % baik
0 %
-  Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 4 kali pertahun
-  Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 12 kali
8 kali


-  administrasi sekolah 90 % baik
-  administrasi sekolah 100 %  baik
10 %
B
Guru: (bersifat rata-rata)
Guru: (bersifat rata-rata)


- Kebutuhan guru  75 % terpenuhi
- Kebutuhan guru 100 % terpenuhi
25 %
- Kesesuaian ijazah guru dengan   bidang studi yang diajarkan 80 %
- Kesesuaian ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 100 %
20 %
- Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar . 100 %
- Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 100 %
0 %
- Mampu bahasa Inggris aktif 10 %
- Mampu bahasa Inggris aktif 100 %
90 %
- Menguasai TIK: .50 %
- Menguasai TIK: 100 %
50 %
- Memahami dan melaksanakan  KTSP: 100 %
- Memahami dan melaksanakan KTSP: 100 %
0 %
- Melaksanakan penelitian pendidikan: 50 %
- Melaksanakan penelitian pendidikan: 100 %
50 %
- Mengikuti Pelatihan    kepribadian: 10%
- Mengikuti Pelatihan kepribadian: 100%
90 %
- Melaksanakan Pengabdian masyarakat: 70 %
- Melaksanakan Pengabdian masyarakat: 100%
30 %
- Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 75%
-  Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 100%
25 %
- Kompetensi lulusan guru S1/S2 50%
- Kompetensi lulusan guru S1/S2 100%
50 %
- guru bersertifikasi profesi: 10%
- guru bersertifikasi profesi: 70%
60 %
- guru yang memiliki komputer/laptop: 60%
- guru yang memiliki komputer/laptop: 100%
40 %
c
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata)

- Jumlah tenaga TU berijazah sarjana 0 %
- Jumlah tenaga TU berijazah sarjana 10 %
10%
- MenguasaiTIK: 80%
- MenguasaiTIK: 100%
20%
- Menguasai bahasa Inggris: 50 %
- Menguasai bahasa Inggris: 75 %
25%
- Mengikuti Pelatihan dibidangnya: 60%
- Mengikuti Pelatihan dibidangnya: 100%
40%
- Pelatihan manajemen sesuai bidangnya:0%
- Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 100%
100%
5
Standar Sarana dan Prasarana
A
Sarana dan Prasarana Minimal

- Ruang kepala sekolah: 35 m2
- Ruang kepala sekolah: 35 m2
0%
- Ruang perpustakaan: standar
- Ruang perpustakaan: standar
ada
- Ruang Lab. IPA belum ada
- Ruang Lab. IPA: ada
ada
- Ruang Lab. Bahasa : belum ada
- Ruang Lab. Bahasa : ada
ada
- Gudang: 1 bh
- Gudang:  1 bh
1 bh
- Ruang UKS  :  ada
- Ruang UKS : Tidak standar
Tidak standar
- Ruang sholat : ada
- Ruang sholat : Tidak standar
Tidak standar
- Gapura sekolah : belum ada
- Gapura sekolah : Belum ada
Belum ada
- Paving : 90%
- Paving : 100%
50%
- Taman : 25 %
- Taman : 100%
75%
- Tempat bakul : belum ada
- Tempat bakul : ada
ada
- Pagar sekolah : belum standar
- Pagar sekolah : standar
standar
B
Sarana dan Prasarana Lainnya

- Ruang Lab. Komputer: belum ada
- Ruang Lab. Komputer: ada
ada
- Ruang kantin: belum ada
- Ruang kantin:  1 ruang
1
C
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian

- Komputer siswa :3 bh             
- Komputer siswa :  20 bh
9 buah
- Komputer TU: 1 buah
- Komputer TU: 2 buah
1 buah
- OHP : belum ada
- OHP : 1 buah
1 buah
- Memiliki TV/VCD 1 set
- Memiliki TV/VCD 5 set
2 set
- Sarana olah raga : 25%
- Sarana olah raga: 100%
75%
6
Standar Pengelolaan
A
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan:

-  Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 90 % sempurna
-  Dokumen PSB: 100% sempurna
-  Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 100% sempurna
-  Dokumen PSB: 100% sempurna
10 %

0 %

-  Dokumen Pedoman   pembinaan kesiswaan: 75 % lengkap
-  Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100%
25%


-  Dokumen tata tertib sekolah: 100% lengkap
-  Dokumen tata tertib sekolah: 100%
0 %

-  Dokumen kode etik sekolah : 0%
-  Dokumen kode etik sekolah: 100%
100%

-  Dokumen penugasan guru:  100%
-  Dokumen penugasan guru: 100%
0 %

-  Dokumen administrasi ruang kelas : 75%
-  Dokumen administrasi ruang kelas : 100%
25 %


-  Dokumen administrasi ruang  keterampilan :0%
-  Dokumen administrasi ruang  keterampilan : 100%
100%
B
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:

- Struktur organisasi: 75% lengkap
- Struktur organisasi: 100% lengkap
25%

- Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
- Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
0%

- Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: . 100%
- Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100%
0%
C
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:

- memiliki instrumen supervisi 100% lengkap
- memiliki instrumen supervisi 100% lengkap
0%

- memiliki instrumen monitoring 100% lengkap
- memiliki instrumen monitoring 100% lengkap
0%

- memiliki instrumen evaluasi 80% lengkap
- memiliki instrumen evaluasi 100% lengkap
20%

- memiliki instrumen akreditasi 100% lengkap
- memiliki instrumen akreditasi 100% lengkap
0%

- memiliki pelaporan supervisi 75% lengkap
- memiliki pelaporan supervisi 100%  lengkap
25%

- memiliki pelaporan monitoring 75% lengkap
- memiliki pelaporan monitoring 100%  lengkap
25%

- melakukan pelaporan evaluasi 100%
- melakukan pelaporan evaluasi 100%
0%

- melakukan pelaporan akreditasi internal100%
- melakukan pelaporan akreditasi internal 100%
0%

-  Pendokumentasian: 100%  baik
-  Pendokumentasian:. 100%  baik
0%

-  Tindak lanjut: 100%
-  Tindak lanjut: 100%
0%
D
Kemitraan dan peran serta masyarakat:

- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%
- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%
0%

- Dokumen program kerja komite sekolah: 25%
- Dokumen program kerja komite   sekolah: 100%
75%

- Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
- Kepengurusan komite sekolah: 100%  lengkap
0%

- Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: Rp. 0,-/bulan
- Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: Rp/bulan
Rp. 0,-/bulan
7.
Standar Keuangan dan Pembiayaan
A
Sumber dana:3  buah
Sumber dana: minimal 3 buah
Minimal 0
B
Pengalokasian dana: ... SNP
Pengalokasian dana: minimal ... SNP
........
C
Penggunaan dana: 75% sesuai APBS
Penggunaan dana: 90% sesuai APBS
15%
D
Pelaporan penggunaan dana: 100%
Pelaporan penggunaan dana: 100%
0%
E
Dokumen pendukung pelaporan: 75%
Dokumen pendukung pelaporan: 90%
15%
8.
Standar PenilaianPendidikan:
A
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 75%
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 100%
25%
B
Ulangan tengah semester
dilakukan oleh guru: 60% baik
Ulangan tengah semester
yang dilakukan oleh guru: 75% baik
15%
C
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
0%
D
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
0%
E
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelaja-ran: .75% variatif
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 90% variatif
15%
F
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 25%
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 50%
25%
G
Variasi instrumen yang dikembang-kan sekolah untuk ulangan akhir semester: 25%
Variasi instrumen yang dikembang-kan sekolah untuk ulangan akhir se-mester: 50%
25%
H
Variasi instrumen yang dikembang-kan sekolah untuk ulangan kenai-kan kelas: 25%
Variasi instrumen yang dikembang-kan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 50%
25%
I
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100% terpenuhi
0%
J
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100%
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100%
0%
9.
Budaya dan lingkungan sekolah.
A.
Budaya bersih.

  Kesadaran budaya bersih .60%
  Kesadaran budaya bersih 75%
15%
B.
Budaya disiplin.

  Kesadaran guru mentaati peraturan75%.
  Kesadaran guru mentaati peraturan 100%.
25%
  Kesadaran Staf Tata Usaha taat peraturan 75%
  Kesadaran Staf Tata Usaha taat peraturan 100%.
25%
  Kesadaran siswa mentaati peraturan 70%.
  Kesadaran siswa mentaati peraturan 100%..
30%
C.
Budaya tata krama “in  Action”

 Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 75%
 Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata karma 100%
25%
D.
Tamanisasi.

 Memiliki taman 25% dari lahan kosong.
 Memiliki taman 100% dari lahan kosong.
75%
E.
Pengembangan lomba-lomba kebersihan.

   Melaksanakan lomba kebersi-han 1 x  pertahun
Melaksanakan lomba kebersi-han  2 x pertahun
1 kali


C.   VISI SEKOLAH

Unggul berprestasi ,terampil berkarya  dan berbudaya dilandasi iman dan taqwa
Ø  Tujuan
-          Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan pembiasaan
-          Meraih prestasi akademik maupun non akademik Tingkat Kecamatan
-          Menguasai dasar-dasar ilmu pemgetahuan dan tehnologi sebagai bekal untuk Melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi.
-          Menjadi sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
-          Menjadi sekolah yang diminati.

D.   MISI SEKOLAH
-          Meningkatkan prestasi akademik siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum ,bimbingan dan cita cita siswa serta perkembangan IPTEK.
-          Meningkatkan ketrampilan siswa dan memahami konsep-konsep kewirausahaan sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan lapangan pekerjaan.
-          Meningkatkan kualitas guru dalam mengembangkan broad based education dengan tidak mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya masyarakat sekitar
-          Meningkatkan kualitas kegiatan ekstrakurikuler.

E.   TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 (EMPAT) TAHUN KE DEPAN

Pada tahun pelajaran 2012/2013 sampai dengan 2015/2016 diharapkan :

-          Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan pembiasaan
-          Meraih prestasi akademik maupun non akademik Tingkat Kecamatan
-          Menguasai dasar-dasar ilmu pemgetahuan dan tehnologi sebagai bekal untuk Melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi.
-          Menjadi sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
-          Menjadi sekolah yang diminati.


F.   PROGRAM STRATEGIS

1.    Pengembangan pemetaan Kompetensi Dasar
2.    Pengembangan silabus
3.    Pengembangan silabus penilaian
4.    Pengembangan RPP
5.    Pengembangan inovasi pembelajaran
6.    Pengembangan layanan bimbingan pembelajaran
7.    Pengembangan pendekatan CTL dalam pembelajaran
8.    Pengembangan pencapaian standar kompetensi lulusan secara kontinyu dan terpadu
9.    Pengembangan minat dan bakat menyusun karya tulis
10. Pengembangan penguasaan operasi komputer dan Internet Servise Propider
11. Pengembangan kegiatan keagamaan
12. Pengembangan kegiatan apresiasi seni
13. Pengembangan prestasi olah raga
14. Pengembangan sarana, prasarana,dan media pendidikan.
15. Pengembangan upaya peningkatan SDM tenaga kependidikan.
16. Pengembangan sistem penilaian yang terukur dengan pendekatan CTL
17. Pengembangan pengelolaan sumber dana pendidikan


G.   STRATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN

1.    Pengembangan Standar isi (kurikulum) :
       Menjalin kerjasama dan mengoptimalisasikan warga sekolah dalam penyusunan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, penyusunan silabus, sistem penilaian, membuat RPP, membuat model-model penilaian melalui MGMP, workshop, dan IHT untuk memenuhi dokumen kurikulum sekolah.
2.    Pengembangan inovasi pembelajaran :
       Mengadakan pelatihan-pelatihan pengembangan model-model pembelajaran.

3.    Pengembangan multi media Internet Servis Propider

4.    Pengembangan kompetensi lulusan :
       Menjalin kerjasama antar tenaga pendidik sekolah dan antar lembaga pendidikan yang lebih maju untuk peningkatan pengetahuan dan pengalaman.

5.    Pengembangan prestasi akademik :
       Menciptakan peningkatan kinerja guru, perpustakaan, laboratorium dan sarana pendukung melalui pengadaan kelompok bimbingan terpadu.

6.    Pengembangan sikap kritis dan kewirausahaan :
       Mengadakan kegiatan pelatihan ketrampilan penunjang belajar dan penguasaan ketrmapilan bekal kemandirian melalui bimbingan terpadu dan kontinyu melalui pelatihan bekerjasama dengan lembaga yang memiliki kompetensi pada kecakapan yang diprogramkan.

7.    Pengembangan prestasi non akademik :
       Mengadakan pembinaan pada siswa yang berpotensi pada bidang seni dan olahraga melalui pelatihan yang teratur dan sistematis.

8.    Pengembangan kegiatan keagamaan :
       Bekerjasama dengan lembaga pendidikan Al Qur’an secara teratur, kerjasama dalam kegiatan keagamaan.

9.    Pengembangan sarana :
       Mengadakan peningkatan mutu dan jumlah sarana media pembelajaran yang masih mengalami kekurangan melalui pengadaan maupun bekerjasama dengan lembaga terkait.

10. Pengembangan tenaga kependidikan :
       Menjalin kerjasama dengan lembaga pengembang SDM pendidikan melalui pelakanaan workshop, pelatihan dan penataran.

11. Pengembangan penilaian :
       Mengadakan pelatihan sistem penilaian dan mengadakan departemen penilaian dan evaluasi.

12. Pengembangan pengelolaan dana pendidikan :
       Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait guna penggalian sumber dana dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

H.   Tonggak-tonggak kunci keberhasilan dapat ditabulasikan sebagai berikut:
No.
Program
Tahun I
Tahun II
Tahun III
Tahun IV
1.
Standar Kompetensi Lulusan




A
Bidang akademik:





Rata2 pencapaian KKM semua
mapel dari 6,50 menjadi 7,50
- Rata2 pencapaian UASBN Mapel:
1.  B. Indonesia dari 7,32 menjadi 7,50    
                          
2.  Mapel Matematika  dari 6,43 menjadi 7,5

3.  Mapel IPA  dari 7,38 menjadi 7,50

- Rata2 pencapaian NUS dari 7,58 menjadi 8,00
6,75


7,35

6,75


7,40

7,65
7,00


7,40

7,00


7,43

7,75
7,25


7,45

7,25


7,47

7,85
7,50


7,50

7,50


7,50

8,00

- Perolehan Jumlah Kejuaraan tingkat kecama-tan dari 0 jenis menjadi 3 jenis
- Perolehan jumlah kejuaraan  tingkat kabupa-ten dari 0 jenis menjadi 1 jenis



1

-
1

-
1

1
-

-
B
Bidang non akademik:





- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kecama-tan dari 0 jenis menjadi 3 /bidang olahraga dan Mapsi
- Perolehan jumlah kejuaraan tingkat kabupa-ten dari 0 jenis menjadi 2 /bidang olahraga dan Mapsi
-


-
1


1
1


1
1


-
C
Kelulusan:





- Jumlah kelulusan dari 100% menjadi 100%
100%
100%
100%
100%
D
Melanjutkan studi:





- Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dari 100% menjadi 100%
100%
100%
100%
100%
2
Standar Isi
A
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):

- Tersusun Buku KTSP 1 bh
-
-
-
-
B
Silabus:

- Tersusun silabus dari 7 buah menjadi 11 buah mapel
1
1
1
1
C
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

- Tersusun RPP:dari 9 buah menjadi 11 buah dari semua mapel
1
1
-
-
D
Pemetaan SK dan KD

- Tersusunnya pemetaan SK dan KD dari 7  menjadi 11
1
1
1
1
3.
Standar Proses          
A
Persiapan pembelajaran:

- Kepemilikan silabus oleh guru: dari 100% menjadi 100%
- Kepemilikan RPP oleh guru: dari 9 mapel menjadi 11 mapel
- Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: dari 64% menjadi 100%

- Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: dari 0% menjadi 100%
-

1

6%


25%


-

1

10%


25%


-

-

10%


25%


-

-

10%


25%


B
Persyaratan Pembelajaran

- Jumlah siswa per rombel: 34 menjadi 40
- Beban mengajar guru: 24 jam/minggu
- Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel :
-  Agama  0 : 0 menjadi 1 :1

-  B. Indonesia  1 : 2 menjadi 1 :1

-  Matematika 1 : 2 menjadi 1 :1

-  PKn 1 : 1 menjadi 1 :1

-  IPA 0 : 0 menjadi 1 :1

-  IPS 1 : 4 menjadi 1 :1        

-  Penjas 0 : 0 menjadi 1 :1          

-  SBK 0 : 0 menjadi 1 :1

-  B. Jawa 0 : 0 menjadi 1 :1

-  B, Inggris 0 : 0 menjadi 1 :1
                                                                  
-  SBMN 0 : 0 menjadi 1 :1

- Pengelolaan kelas: dari 100% menjadi 100%
2
-


1 : 1


-




-


-





-


-







-





1 : 1
















-












-




-

-
2
-


-


1 : 2




1 : 2


-





-


-







-





-
















1 : 1












-




-

-
2
-


-


-




-


-





1 : 1


2 : 3







-





-
















-












-




-

-

-
-


-


-




-


-





-


-







1 : 1





-
















-












1 : 1




1 : 1

-

C
Pelaksanaan pembelajaran:

- Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: dari 100% menjadi 100%
- Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: dari .50% menjadi 100%
- Penerapan CTL: dari 100% menjadi 100%
- Penerapan pembelajaran tuntas: dari ....% menjadi .... %
-

10%


-


-

10%


-
-

5%


-
-

-


-
- Penerapan PAIKEM/PAKEM: dari 75% menjadi 100%
- Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: dari 50% menjadi 100%
- Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: dari 100% menjadi 100%
10%

20%

-
10%

10%

-
5%

10%

-
-

10%

-
D
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:

- Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: dari 100% menjadi 100%
- Variasi model penilaian dari 0% menjadi 100% variatif
- Pengolahan/analisis hasil penilaian dari 100%  menjadi 100% berbasis TIK
- Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian dari 100% menjadi 100%
-

25%

-

-
-

25%

-

-
-

25%

-

-
-

25%

-

-
E
Pengawasan proses pembelajaran:

 Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran dari 100% menjadi 100%
 Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran dari 100% menjadi 100%
 Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran dari 100% menjadi 100%
 Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran dari 100% menjadi 100%
 Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran dari 100% menjadi 100%
-

-

-

-

-
-

-

-

-

-
-

-

-

-

-
-

-

-

-

-
4
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
A
Kepala sekolah:         

 Memiliki sertifikat TIK
 Kepemimpinan 100% baik
 Mampu melaksanakan MBS dari 75% menjadi 100%
 Memiliki kemampuan kewirausahaan dari 100% menjadi 100% baik
 Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi Pembelajaran dari 4 kali/tahun menjadi 12 kali/tahun.
 Administrasi sekolah dari 90% menjadi 100% baik
-
-
-

-




2


-
-
-
10%

-




2


10%
-
-
10%

-




2


-
-
-
5%

-




2


-

B
Guru: (bersifat rata-rata)     

- Kebutuhan guru dari 75% menjadi 100% terpenuhi
- Kesesuaian ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan dari 80% menjadi 100%
-

10%
-

-
15%

10%
10%

-
- Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar dari 100% menjadi 100%
- Mampu bahasa Inggris aktif dari 10% menjadi 100%
- Menguasai TIK: dari 50% menjadi 100%
- Memahami dan melaksanakan KTSP: dari 100% menjadi 100%
- Melaksanakan penelitian pendidikan dari 50%  menjadi 100%
- Mengikuti Pelatihan kepribadian dari 70% menjadi 100%
- Melaksanakan Pengabdian masyarakat dari 70% menjadi 100%
- Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM dari 75% menjadi 100%
- Kompetensi lulusan guru S1/S2 50% menjadi 100%
- guru bersertifikasi profesi dari 10% menjadi 70%
- guru yang memiliki komputer/laptop dari 60% menjadi 100%
-


20%

25%
-

-

-

15%

-

25%

-

-
-


20%

25%
-

10%

-

15%

-

-

20%

-
-


25%

-
-

10%

30%

-

-

-

20%

20%
-


25%

-
-

5%

-

-

25%

25%

20%

20%
C
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata)

- Jumlah tenaga TU berijazah sarjana dari 0%  menjadi 10%

- Menguasai TIK: dari 80% menjadi 100%

- Menguasai bahasa Inggris: dari 50% menjadi 75%

- Mengikuti pelatihan dibidangnya dari 60% menjadi 100%
- Pelatihan manajemen sesuai bidangnya dari 0% menjadi 100%
-


10%

-


10%

25%
-


10%

-


10%

25%

10%


-

15%


10%

25%
-


-

10%


10%

25%
5
Standar Sarana dan Prasarana
A
Sarana dan Prasarana Minimal


- Ruang kepala sekolah dari 35 m2 menjadi 35 m2
-
-
-
-
- Ruang perpustakaan dari standar menjadi standar
-
-
-
-
- Ruang Lab. IPA dari belum ada menjadi ada
-
ada
-
-
- Ruang Lab. Bahasa dari belum ada menjadi ada
-
ada
-
-
- Gudang 0 buah menjadi 1 buah
-
-
ada
-
- Ruang UKS dari ada menjadi standar
-
-
standar
-
- Ruang sholat dari ada menjadi standar
-
-
standar
-
- Gapura sekolah dari belum ada menjadi ada
-
-
-
ada
- Paving dari 50% menjadi 100%
50%
-
-
-
- Taman dari 25 % menjadi 100%
-
50%
25%
-
- Tempat bakul dari belum ada menjadi ada
ada
-
-
-
- Pagar sekolah dari belum standar menjadi standar
ada
-
-
-
B
Sarana dan Prasarana Lainnya

- Ruang Lab. Komputer dari belum ada menjadi ada
-
-
ada
-
- Ruang kantin dari belum ada menjadi ada
-
-
ada
-
C
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian

- Komputer siswa dari 1 bh menjadi 10 buah
2
4
3
1
- Komputer TU dari 1 buah menjadi 2 buah
-
-
-
1
- OHP dari belum ada menjadi ada
-
1
-
-
- Memiliki TV/VCD dari 3 set menjadi 5 set
-
1
1
-
- Sarana olah raga dari 25% menjadi 100%
-
25%
25%
25%
6.
Standar Pengelolaan
A
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan:

- Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): dari 90% menjadi 100% sempurna
- Dokumen PSB dari 100% menjadi 100% sempurna
- Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan dari 75% menjadi 100%
10%

-

15%
-

-

10%
-

-

-
-

-

-
- Dokumen tata tertib sekolah dari 100% menjadi 100%
- Dokumen kode etik sekolah dari 0% menjadi 100%
- Dokumen penugasan guru dari 100% menjadi 100%
- Dokumen administrasi ruang kelas dari 75%  menjadi 100%
- Dokumen administrasi ruang  keterampilan dari 0% menjadi  100%
-

25%

-

-

25%

-

25%

-

15%

25%

-

25%

-

10%

25%

-

25%

-

-

25%

B
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:

- Struktur organisasi dari 75% menjadi 100%
- Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi dari 100% menjadi 100%
- Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi dari 100% menjadi 100%


25%

-

-
-

-

-
-

-

-
-

-

-
C
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:

- memiliki instrumen supervise dari 100% menjadi 100% lengkap
- memiliki instrumen monitoring dari 100% menjadi 100% lengkap
- memiliki instrumen evaluasi dari 80% menjadi 100% lengkap
- memiliki instrumen akreditasi dari 100% menjadi 100% lengkap
- memiliki pelaporan supervisi dari 75% menjadi 100% lengkap
- memiliki pelaporan monitoring dari 75% menjadi 100% lengkap
- melakukan pelaporan evaluasi dari 100% menjadi 100%
- melakukan pelaporan akreditasi internal 100%
- Pendokumentasian dari 100% menjadi 100% baik
- Tindak lanjut: dari 100% menjadi 100%
-

-

10%

-

15%

-

-

-

-

-
-

-

10%

-

10%

-

-

-

-

-
-

-

-

-

-

15%

-

-

-

-
-

-

-

-

-

10%

-

-

-

-
D
Kemitraan dan peranserta masyarakat:

- Dokumen keberadaan Komite Sekolah dari 100% menjadi 100%
- Dokumen program kerja komite sekolah dari 25% menjadi 100%
- Kepengurusan komite sekolah : dari 100% menjadi 100% lengkap
- Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa dari 1.500.000,-/bulan
-

-

-

-
-

25%

-

-
-

25%

-

-
-

25%

-

-
7.
  Standar Keuangan dan Pembiayaan
a
Sumber dana dari 3 menjadi 3
-
-
-
-
b
Pengalokasian dana dari ...... menjadi .... SNP




c
Penggunaan dana: dari 75% menjadi 90%
10%
5%-
-
-
d
Pelaporan penggunaan danadari 100% menjadi 100%
-
-
-
-
e

Dokumen pendukung pelaporan dari 75% menjadi 90%
10%
5%
-
-
8.
Standar Penilaian Pendidikan:
a
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD dari 75%  menjadi 100%
25%
-
-
-
b

Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru dari 60% menjadi 75%
10%
5%
-
-
c
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah dari 100% menjad  100%
-
-
-
-
d
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolahdari 100% menjadi 100%
-
-
--
-
e
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran dari 75% menjadi 90%
10%
5%
-
-
f
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian dari 25%  menjadi 50%
15%
10%
-
-
g
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: dari 25% menjadi 50%
-
-
15%
10%
h
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas dari 25%  menjadi 50%
-
15%
10%
-
i
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru:dari 100% menjadi 100% terpenuhi
-
-
-
-
9.
Budaya dan lingkungan sekolah.
a.
Budaya bersih.





Kesadaran budaya bersih dari 60% menjadi 75%
10%
5%
-
-
b.
Budaya disiplin.





 Kesadaran guru mentaati peraturan dari 75%  menjadi 100%
 Kesadaran Staf Tata Usaha mentaati peraturan dari 75% menjadi 100%
 Kesadaran siswa mentaati peraturan dari 70%  menjadi 100%
15%


15%


15%
10%


10%


15%
-


-


-
-


-


-
c.
Budaya tata krama “ in action”





 Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata karma dari 75% menjadi 100%
15%
10%
-
-
d.
Tamanisasi.





 Memiliki taman dari 25%  menjadi 100%dari lahan kosong.
-
25%
25%
25%









Ringin , 01 Juli 2012
Ketua Komite
SD Negeri I Ringin




MASKAT
Kepala SD Negeri I Ringin





SUGIHAR WAHYUDI,S.Pd
NIP.19600210 197911 1 003



                                                                    



































































RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH

( RKJM )

TAHUN 2010/2011 s.d 2013/2014














PEMERINTAH KABUPATEN REMBANG
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI  2 KARANGMANGU
Alamat : Desa Karangmangu Kec. Sarang Kab. Rembang 59274

1 komentar:

  1. Terima kasih membuat semakin jelas ! Hanya perlu dibuatkan instrumen evaluasi ketercapaian program tiap tahun.

    BalasHapus